Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan menyelenggarakan Pendidikan total, kulliy, comprehensive, menyeluruh. Jika Pendidikan ditinjau dari aspek trilogy Pendidikan yang menyatakan bahwa sumber Pendidikan adalah rumah (keluarga), sekolah dan lingkungan, maka Asy-Syifa mengambil semua peran sumber Pendidikan tersebut ;

jika ditinjau dari aspek unsur manusia yang terdiri dari Pendidikan mental-spiritual, Pendidikan intelektual dan Pendidikan fisikal. Maka Asy-Syifa menyediakannya. Dan jika ditinjau dari aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Asy-Syifa pun menekannya dalam proses pembelajaran formalnya.

Bukan hanya didalam jam pelajaran efektif, tapi juga dikehidupan keseeharian para santri. Bahkan, Ketika wacana tentang pentingnya memupuk kecerdasan emosional (emotional quotient – EQ) dan kecerdasan spiritual (spiriyual quotient- SQ ) untuk menyertai kecerdasan intelektual (intellectual quotient – IQ) menjadi popular.

Asy-Syifa sudah mendahului prakteknya puluhan tahun yang lalu. Demikian pula Ketika pentingnya wacana tentang penguatan otak kanan dan otak kiri pada manusia. Asy-Syifa tanpa teori yang terlalu rumit sudah menerapkannya. Totalitas Pendidikan tersebut tersusun rapi dalam kurikulum Pendidikan formal dan Pendidikan non fornalnya. Intra kurikuler dan ekstrakurikulernya.

Kebijakan Pendidikan itu diwujudkan dengan mewujudkan para santrinya tinggal didalam asrama dan kampus pondok selama 24 jam x 7 hari. Dalam hal ini, para orang tua wali santri dituntut kepercayaan yang penuh.

Dalam melaksanakan strategi pendidikannya, Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan yang merupakan pondok alumni Gontor ini, Menyusun program Pendidikan santri dalam jadwal kehidupan dab kegiatan harian, pekanan dan tahunan. Totalitas Pendidikan tersebut tampak dengan jelas dalam kegiatan dan kehidupan sehari-hari mereka tersebut.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *