Ilmu matematika memperoleh tempat terpandang dalam sejarah intelektual Islam. Secara historis, matematika disebut ulum riyadhiyah atau ta’limiyah (matematika pedagogik). Ilmu ini terdiri atas empat cabang utama, yaitu aritmetika, geometri, astronomi, dan musik. Dalam beberapa abad penyebaran Islam, terjadi perkembangan lebih lanjut.

Asah Keterampilan Berhitung ala Santri
Miss Magic Math 2020

sorak ramai dukungan santri untuk masing masing utusan agar dapat menjuarai event berhitung terbesar ala santri Al-Muna Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan. Jum’at, 28 Agustus 2020,diadakan lomba Miss Magic Math di aula rayon putri. Lomba Miss Magic Math adalah perlombaan tanya-jawab dengan materi pelajaran matematika mulai dari kelas 1 MTs sampai kelas 3 MA.

Gelar Miss Magic Math diberikan pada peserta yang bertahan setelah melewati dua babak lomba. Pertama, babak penyisihan dengan 50 peserta perwakilan 10 orang dari tiap angkatan hingga menyisakan dua peserta bertahan.

Suasana saat lomba dimulai dengan sangat tenang untuk menjaga konsentrasi para peserta dalam menghitung hasil yang tepat sebagai jawaban.

Babak kedua adalah babak final untuk menemukan pemenang yang akan mendapatkan gelar Miss Magic Math periode 2020-2021. Setelah melewati beberapa pertanyaan, Raudhatul Jannah dari kelas 5 KMI berhasil mendapatkan point lebih unggul dibanding lawannya dan meraih juara satu sebagai Miss Magic Math.

Perlombaan ini diadakan untuk menumbuhkan minat santriwati lainnya dalam berhitung dan membuktikan bahwa pelajaran matematika bukanlah pelajaran yang sulit dan membosankan. 

Categories: KEGIATAN

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *