[DAROIN]-Lomba syarhil quran dilaksanakan di masjid Daroin Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan. Lomba ini diadakan pada hari Kamis, 4 Maret 2021, Lomba syarhil quran ini di ikuti sebanyak 24 orang dari 8 kelompok .

Perlombaan syarhil quran adalah kegiatan yang mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukan kesatuan makna Al-Qur’an yang serasi. Pembacaan syarhil quran dilakukan oleh tiga orang yang terdiri atas seorang pembaca ayat , seorang pembaca terjemah/puitisasi, dan seorang pengungkap isi kandungan Al-Qur’an.

Adapun materi yang disampaikan dalam lomba ini adalah berbagai topik yang memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur’an yang terdiri atas aqidah, ibadah, akhlak, kemasyarakatan, dan sebagainya, Teknisi perlombaan ini adalah setiap peserta menampilkan diri di panggung secara bersamaan dalam satu kelompok, lalu mengucapkan salam disampaikan oleh pensyarah diawal dan di akhir penampilan dengan urutan penyajian adalah pembaca ayat, penerjemah, dan pensyarah.

Ada tiga bidang penilaian dalam lomba syarhil quran ini: pertama, Bidang terjemah dan materi, meliputi ketepatan terjemahan ayat, Sistematika dan isi syarah, Serta kaidah dan gaya bahasa. Kedua, Bidang penghayatan dan retorika meliuti vocal, Artikulasi, Intonasi, Aksentuasi, Gaya penyampaian mimik wajah, Adab kesopanan serta keserasian. Dan bidang ketiga, Bidang tilawah, meliputi penilaian dalam hal tajwid, lagu dan suara dan fashahah.

Menurut Kholif Cahyo, Ketua panitia lomba syarhil quran tujannya diadakan lomba syarhil quran adalah untuk melatih mental berbicara di depan orang ia berharap lomba ini nantinya dapat lebih mengembangkan bakat/skill santri dari tahun ke tahun.

Pemenang lomba syarhil quran M.Zaky Naufal DKK sebagai juara pertama, Disusul oleh Rizky Aldiansyah DKK sebagai juara kedua, Dan Badrul Kamal DKK menempati juara ketiga.

Kesan dan Harapan dari Muhammad Yusri sebagai juara pertama lomba syarhil quran ”Saya sangat senang dengan diadakannya lomba tersebut karena dapat memotivasi saya untuk dapat berpidato di depan banyak orang dan harapan saya semoga dengan kegiatan tersebut kita mendapatkan pembelajaran yang lebih memotivasi kita semua.”

(Finaaapp,Azizzzzi)

Categories: ARTIKEL

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.