Ujian Nasional (UN) adalah ujian akhir para santri kelas III dan kelas VI KMI yang setara dengan kelas IX MTS dan kelas XII MA. Sebelum melakukan Ujian Nasional yang dihelat serentak para santri menyiapkan berbagai persiapan dalam menghadapinya, diamtarnya mengikuti kegiatan Bimbingan Belajar yang dimulai dari bulan Januari hingga bulan April, beberapa kali Try Out, Doa bersama, dan Musammahah.

Apa Itu Musammahah ?

Seperti halnya pada masa-masa akhir kegiatan pembelajaran tahun-tahun sebelumnya, tahun inipun menjelang Ujian Nasional, KMI dalam kegiatan kalendernya menyediakan spare waktu belajar lebih bagi para santri dengan tujuan untuk memantapkan persiapan mereka untuk menghadapi ujian dari segi mental maupun fisik.

Lebih dikenal dengan sebutan musammahah , pada media ini para santri diberikan waktu libur pembelajaran selama beberapa hari dengan tujuan untuk memberikan waktu yang lebih bagi para santri untuk bisa fokuspada persiapan ujian mereka. Tidak hanya kegiatan pembelajaran formal yang dinon-aktifkan, kegiatan-kegiatan berupa ekstrakurikuler pun di non-aktifkan pada masa musammahah ini.

Alhasil, para santri/santriwati Pondok Modern Asy-Syifa memanfaatkan masa musammahah, untuk melakukan belajar kelompok, muraja’ahbersama asatidz dan juga sahirul lail.

Kegiatan ini dilakukan untuk membentuk persiapan pada diri setiap santri kelas III dan kelas VI KMI Ketika menghadapi UN. Se,ua rangkaian kegiatan ini berada dibawah bimbingan para dewan guru. Ikhtiar dan doa tak pernah lepas dari kehidupan mereka, karena ikhtiar tanpa doa semua akan sia-sia. Dan Alhamdulillah berkat doa, motivasi, semangat serta ikhtia. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018-2019 ini berjalan dengan lancer. Semoga Allah menggariskan yang terbaik untuk mereka dan kita semua

Categories: KMI

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *