Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah)
Al kausar [108] : 2

Pengertian Kurban

Secara bahasa kata Qurban dalam ilmu fiqih dikenal dengan istilah Udhhiyah. Imam al-Qurtubi menjelaskan definisi Udhhiyah secara bahasa adalah sebagai berikut: “Kambing yang disembelih pada waktu dhahwah (waktu dhuha)”. (Al-Jaami’ Li Ahkaamil Quran Karya Imam al-Qurtubi)

Sedangkan Udhhiyyah menurut istilah syara’ sebagaimana disebutkan Imam Ibnu Abdiin adalah: “Hewan yang disembelih dengan tujuan bertaqarrub kepada AllahTa’aladi hari Nahr dengan syarat-syarat tertentu”. (Hasyiah Ibnu Abdiin)

Hukum Berkurban
Dalam mazhab Syafi’i, ibadah Kurban hukumnya Sunnah Mu’akkadah. Yaitu ibadah yang jika dilakukan mendapatkan pahala di sisi Allah, jika tidak dilakukan pun tidak akan berdosa. Namun, seyogyanya bagi yang memiliki keluasan rezeki diperintahkan untuk tidak meninggalkan ibadah yang satu ini. Sebab, walaupun hukumnya sebatas sunnah (tidak wajib), namun sunnah yang satu ini termasuk sunnah yang sangat dianjurkan sekali. Dengan kata lain Sunnah Mu’akkadah (sunnah yang kuat).

Keutamaan Berkurban
Menurut beberapa hadis Nabi, bahwa orang yang berkurban maka amal kurbannya dicatat sebagai amal yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala. Pahalanya lebih cepat dan tak terhitung.

 

Qurban Bersama Santri

Peringatan Idhul adha 1441H dan Pelaksanaan Qurban di Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan, merupakan kegiatan tahunan yang insyaAllah rutin dilaksanakan sebagai sarana memupuk empati sesama.

Untuk itu, kami menerima penyaluran Qurban untuk dapat dilaksanakan di Pondok Modern  Asy-syifa Balikpapan bersama para santri

  • PAKET SAPI
    Rp. 3.000.000,- @orang
    kolektif 7 orang

  • PAKET KAMBING
    Rp. 3.500.000,- @orang
 

 Pembayaran  Via Transfer
An. ASY-SYIFA PONPES
BANK BRI : 0121-01-007725-53-2
Informasi | Konfirmasi : 0852 4500 8195 (Ust. Saiful Bahri)

Apabila telah mentransfer mohon konfirmasi via whatsApp ke nomor panitia.

Semoga di bulan Dzulhijjah nanti kita diberi semangat untuk berqurban. Mari sisihkan sedikit harta kita untuk ibadah qurban. Jangan ada pemikiran dalam diri kita bahwa harta bisa berkurang jika berkurban. Harta yang dikeluarkan untuk ibadah Kurban insya Allah akan diganti dengan rezeki yang melimpah oleh Allah Ta’ala


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *