“Whenever and Wherever you are, please bring your book!” itulah jargon yang tepat untuk menggambarkan pemandangan yang tidak ditemukan pada hari-hari biasanya, kenapa?

Karena setiap masa-masa ujian Nampak terlihat para santri membawa buku kapan dan dimanapun mereka berada. Selain muncul atas kesadaran dari diri masing-masing santri hal tersebut juga menjadi bagian daripada disiplin santri yang harus dilakukan sejak menjelang hingga berakhirnya masa ujian KMI. Seperti pada saat-saat sebelumnya kegiatan aktif belajar mandiri pada malam hari benar-benar mulai aktif ketika ujian berlangsung. Baik ujian tengah semester (UTS) maupun ujian semester.

Namun sekarang lebih ditekankan jauh hari sebelum waktu ujian tiba. Kebijakan dari staff direktur KMI dan staff pengasuhan ini adalah untuk mendorong santriwan/wati Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan yang sudah tentu berada di Pesantren, untuk lebih focus dan konsentrasi dalam menghadapi materi pelajaran yang akan diujikan pada saat ujian tersebut, supaya prestasi belajar santri dapat ditingkatkan. Inilah proses yang seharusnya dijalani oleh santriwan/wati dalam menuntut ilmu secara konsisten baik siang maupun malam hari.

Dengan kepedulian atas kebijakan pesantren yang menerapkan system inilah maka kontribusi para pembimbing asrama yaitu para asatidz yang turut serta mukim di pesantren, untuk melaksanakan pengawasan belajar mandiri pada malam hari. Demikian pula halnya dengan guru pengajar yang tinggal di luar pesantren. Hal ini demi kebaikan bersama untuk membangun citra Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan melalui kegiatan di pesantren. Oleh karena itu memang diperlukan tanggung jawab dan keikhlasan dari masing-masing pribadi, baik santri selaku pelajar maupun guru sebagai pendidik dan pengajar.

Ujian semester ganjil tahun ini diselenggarakan pada bulan Desember 2019 dan semester genap pada bulan Juni 2020 merupakan puncak pelaksanaan belajar malam. Belajar malam sendiri memiliki beberapa zona tempat yang semuanya berada di luar wilayah asrama. Semoga dengan belajar mandiri seperti inilah yang nantinya bisa memotivasi para santri dalam belajar sehingga akan memperbaiki nilai mata pelajaran yang akan berimbas terhadap terkatrolnya nilai dan citra Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan sebagai pondok yang menjadi pilihan orang tua. Amin.

Categories: KEGIATAN

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *