Bulan penuh berkah adalah sebutan lain dari bulan Ramadhan, karena memang ada hadist Rasullah saw. Yang menjelaskan bahwa melaksanakan satu kebaikan didalamnya akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda jika dibandingkan dengan bulan lainnya.

Ditengah pandemik yang melanda dunia, Ramdahan tahun ini terasa sangat mencekam. Tarawih yang biasa berjamaah, tahun ini bahkan masjid ditutup untuk mengantisipasi tersebarnya virus Covid-19. Sahur yang biasa nya ramai dengan riuh kentongan kini hening bagai malam tak ada yang terjaga. Bagi yang lalai, maka semakin termanjakanlah kelalaiannya. namun bagi yang menyambut Ramadhan dengan semangat, pandemik bukanlah penghalang ibadah walau #DirumahAja.

Oleh karena itulah Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan dengan penuh pertimbangan meliburkan para santri pada bulan Ramadhan 1421 H, namun mereka dibekali dengan Jurnal Ramadhan sebagai wajibat selama menjalani ibadah dirumah. Semaksimal mungkin pondok dan segenap Asatid dan Ustadzah membiasakan santri dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat selama beberapa hari. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya adalah : Tadarus dengan Qiro’atul Qur’an, Dzikir dan Do’a, Sholat 5 waktu, sholat tarawih, dan berbagai hafalan doa serta juz amma. Begitu pula setelah sholat subuh dilanjutkan dengan Kuliah Ramadhan atau Kultum yang ditayangkan online yang diisi oleh Ustadz dan Ustadzah yang telah terjadwal setiap 2 hari sekali.

Setiap santri juga disediakan kartu tadarus Al-Quran dan diketahui oleh Pembina masing-masing yang kemudian akan dikumpulkan sekembali para santriwan dan santriwati ke pondok tercinta. Berbagai lomba pun diselenggarakan secara online, dan akan diumumkan serta diberikan hadiah bagi santriwan/wati yang paling banyak bertadarus selama beberapa hari yang mereka jalani. Allahumma barik lana fib Rajab wa sya’ban wa ballighnaa Ramadhan, amin ya Rabb !

Pesan Pimpinan Pondok Modern Asy Syifa KH. Abdurrahman Hasan dalam Menyambut Ramadhan

Categories: ARTIKEL

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *