SEJARAH MASJID DAROIN

Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan

Masjid Daroin yang berada di lokasi Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan merupakan salah satu fasilitas santri Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan dalam melaksanakan kegiatan ibadah maupun kegiatan santri lainnya. Dalam perkembangnya Masjid Daroin tidak lepas dari perkambangan Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan sendiri.

Pondok Modern Asy-Syifa yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta Km.4,5 Batu Ampar adalah merupakan wujud kerjasama antar Yayasan Asy-Syifa Balikpapan dengan Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) Cabang Balikpapan yang berdiri sejak tahun pelajaran 1994/1995 sampai sekarang dengan jumlah santri 876 santri (terdiri dari MTs 310 santri , MA 280 santri  dan MI 286 santri ) dan tenaga pengajar 102 orang yang sebagian besar   ( 75 %) dari alumni Pondok Modern Gontor Ponorogo.

Semakin tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya di Pondok Modern Asy-syifa maka perluasan lokasi dilakukan di Km. 15 Kelurahan Karang Joang sebagai lokasi pemondokan santri saat ini. Luas lahan Pondok Modern-Asy-syifa 7 Hektar yang diataranya 900 m² akan dibangun Masjid sebagai salah satu fasilitas santri dan pengambangan dakwah ke masyarakat sekitar.

Untuk mengawali pemeberdayaan lahan tesebut sebagai pondok pesantren dilingkungan masyarakat, pada tahun 2011 Alumni Pondok Modern Asy-syifa diturunkan untuk mengabdi dan mengisi kegiatan ibadah pada salah satu bangunan yang sudah berdiri. Yang kedepanya berkembang menjadi Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Daroin Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan yang diperuntukkan untuk masyarakat sekitar.

Tahun 2012 adalah awal pemindahan santri secara bertahap dari km. 4,5 batu Ampar ke lokasi baru km. 15 Karang joang. Diawali dengan 130 santri putra. Seiring berkembangnya TPA Daroin dan kedatangan santri, maka fungsi bangunan seluas 200 m² tersebut, berganti menjadi musholla sederhana tempet ibadah sekaligus TPA bagi santri dan warga sekitar.

Tahun 2013 seluruh santri putra di pindahkan secara keseluruhan ke km. 15. Meningkatnya jamaah menjadi urgensi bagi pihak pondok pesantren dan yayasan dalam memprioritaskan pembangunan masjid. Yang mana pembangunna masjidnya dirangcang seluas 900 m² dengan 3 lantai, tapi karena keterbatasan dana maka di himpun dari dana wali santri dan para donotur lain akhirntya terkumpullah dana untuk membangun banguinan 300 m² semi permanen masjid itu pun digunana sebagain sarana ibadah santri serata warga serta kegiatan islam lain nya

Pada tahun 2014 itu juga panita mengimpun dana untuk melanjutkan pembangunan tahap selanjutnya alhamdullian di akhir tahun pembelajaran dana yang terkumpul di gunakan untuk melanjutkan pembanguan selanjutnya dengan secara permanan untuk lantai 1 walaupun ;lantai 1 belum 100 % sempurna.

Tahun 2017 secara keseluruhan santri putri Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan dari lokasi lama km.4,5 batu Ampar ke km. 15 Karang Joang. Santri putri yang berkisar 350 santri saat ini bermukim di lokasi yang telah dibangun walaupun dengan sarana prasarana yang sederhana. Untuk itu, semakin banyaknya santri dan jamaah maka sangat dibutuhkan keberadaan masjid yang layak guna menampung dan melaksnakan segala kegitan. Namun, sampai saat ini kegiatan pembangunan masjid belum kembali dilanjutkan sesuai rencana dikarenakan keterbasan dana

Untuk itu, kami sangat berterimakasih jika banyak pihak yang mempu membantu pengerjaan pembangunan Masjid ini agar kegiatan ibadah dan kegiatan lainnya dapat dilaksanakan secara baik.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *