SEJARAH
PONDOK MODERN ASY-SYIFA BALIKPAPAN

"Berdirinya sebuah lembaga pendidikan yang berhasil adalah tetes keringat perjuangan para pendirinya dan pengorbanan para pendidiknya. Untuk itu sejarah merupakan suatu yang paling berharga dalam perkembangannya"

created by dji camera

PONDOK MODERN ASY-SYIFA BALIKPAPAN berdiri di atas tanah seluas ±10 ha. Berlokasi di Jalan Giri Rejo Km.15 RT.29 No.100 Kel. Karang Joang Kec. Balikpapan Utara. Kota Balikpapan-Kalimantan Timur.  Sebuah kawasan yang digadang gadang kedepanya menjadi kawasan pendidikan terbesar di Balikpapan. Dengan lahan yang luas dan asri, pesantren ini jauh dari berbagai macam polusi sehingga sangat kondusif sebagai tempat untuk tafoqquh fi dien (memperdalam wawasan keagamaan).

Pondok ModernAsy-syifa Balikpapan bercita-cita untuk mewujudkan generasi khaira ummah  melalui dunia pendidikan. Seluruh potensi dan kemampuan dicurahkan untuk merealisasikan misi tersebut. Hal ini semakin dipertegas dengan tidak terlibatnya Pondok Moder Asy-syifa Balikpapan dalam politik praktis, serta tidak berafiliasi kepada organisasi kemasyarakatan apapun, sehingga dapat secara independen menentukan langkah dan memiliki ruang gerak yang lebih luas dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

46445233_709362932796379_5025332347315159040_n

Dalam perjalanannya, Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan terus mengokohkan eksistensi­ internal, maupun ekspansi eksternal. Secara internal dengan selalu meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, melengkapi fasilitas pendidikan, membina kader-kader penerus perjuangan, meluaskan sumber-sumber pendanaan dan pe­ningkatan kesejahteraan para kadernya. Sedangkan pengembangan keluar dengan meluaskan jaringan kerja, menggerakkan dakwah kemasyarakatan, di samping mempersiapkan perguruan tinggi yang bermutu dan berarti, untuk merealisasikan cita-cita luhurnya yaitu mendidik kader umat, menggapai kejayaan bangsa, serta mele­takkan dasar-dasar peradaban dunia.

IMG-20181112-WA0021-3

Yayasan Asy-syifa dan lahirnya Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan tidak bisa dipisahkan. Yayasan Asy-syifa berawal dari kegiatan majelis taklim dari rumah ke rumah, yang dirintis oleh KH. Abdurrahman Hasan. Selanjutnya bersama dengan Alumni Pondok Modern Gontor Ponorogo dalam ikatan IKPM Balikpapan mulai mengembangkan Yayasan Asy-syifa yang bergerak dibidang sosial yatim piatu menjadi Pondok Pesantren sebagai cikal bakal Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan

Sejak dirintisnya, Yayasan Asy-syifa yang bermarkaz di Km. 4,5 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan , telah mendedikasikan dirinya dalam tiga bidang garapan, yaitu; dakwah, sosial, dan pendidikan. Dalam bidang dakwah, Yayasan Asy-syifa mengembangkan berbagai kajian Islam, baik melalui pengajian umum, pengajian khusus, program tadarus Al-Quran, training-training, maupun bentuk-bentuk lain dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamal­an umat Islam terhadap ajaran agamanya.

Metode pengajaran, situasi dan kehidupan para santrinya diupayakan sama dengan Pondok Modern Gontor, seperti hidup sederhana, disiplin, berwawasan luas, mempunyai kemampuan berbahasa arab dan inggris, kepramukaan, latihan kepemimpinan dalam organisasi, bela diri, membaca kitab kuning / kitab berbahasa arab dan lain-lain. Sehingga kemampuan pengetahuan dan sikap yang dimiliki para lulusannya berguna bagi perkembangan selanjutnya baik di lembaga pendidikan yang lebih tinggi (bagi yang melanjutkan pendidikannya) maupun dimasyarakat kerja.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *