Hari Sumpah Pemuda sendiri diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Hal ini menilik pada hari lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Sumpah Pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928.

Makna sumpah pemuda tentunya sangat penting untuk selalu ditanamkan dalam jiwa. Isi dari Sumpah Pemuda menegaskan cita-cita akan adanya “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, tentang makna sumpah pemuda.

SEJARAH DAN MAKNA SUMPAH PEMUDA
28 OKTOBER 1928

Isi Sumpah Pemuda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda II ini diikuti oleh banyak peserta, yaitu perwakilan dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, dan lainnya.

Gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat, yang menjadi tempat kongres tersebut, kini diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda. Hadir juga Wage Rudolf Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya di Kongres Pemuda II dengan alunan biolanya. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan untuk pertama kalinya dalam kongres ini.

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana kita sebut sebagai Sumpah Pemuda:

– Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Air Indonesia.

– Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

– Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

Mengajarkan Nilai-nilai Persatuan Bangsa

Makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia yang pertama yaitu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Perjuangan para pemuda dalam mendapat kemerdekaan sangat besar, terbukti dengan adanya berbagai peristiwa yang melibatkan para pemuda pada masa sebelum kemerdekaan. Pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa makna Sumpah Pemuda serta perjuangan pemuda dan pemudi kala itu, mungkin saja Indonesia tak mencapai kesatuan untuk melawan penjajah negeri.

Menumbuhkan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia

Saat ikrar Sumpah Pemuda, kebanggaan terlihat jelas dari para pemuda pemudi dalam setiap kalimat isi Sumpah Pemuda. Generasi muda seharusnya juga bangga akan tanah air sendiri. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dan memiliki beragam budaya. Kekayaan dan keberagaman tersebut tentu harus dilestarikan oleh generasi muda.

Menekankan Rasa Bangga akan Bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda jelas mengangkat kebanggan terhadap Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36. Kebanggaan akan bahasa Indonesia perlu ditekankan. Tanpa pemahaman berbahasa yang baik, mengungkapkan isi dan ide akan sulit. Hal ini juga berpengaruh pada inteligensi dan rasa nasionalisme. 

Makna Sumpah Pemuda

Wujud Cinta Tanah Air

Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan nyawa dan harta benda rakyat. Makna Sumpah Pemuda pun menyumbang pada gerakan kemerdekaan sebagai cerminan rasa cinta pemuda dan pemudi pada bangsa Indonesia. Tindakan yang nyata dan tulus merupakan wujud dari rasa cinta kepada tanah air. Termasuk pula mencintai keragaman budaya, agama dan masyarakat.

Mendorong Semangat Juang Pemuda

Ketika membaca isi Sumpah Pemuda, kamu akan merasakan semangat pemuda pemudi pencetus Sumpah Pemuda. Semangat dalam isi Sumpah Pemuda dapat menjadi contoh bagi generasi muda masa kini untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu bagi bangsa Indonesia. Memaknai Sumpah Pemuda dengan mendalam dapat menumbuhkan semangat juang mendapatkan suatu tujuan. Semangat terus berkobar sekalipun banyak rintangan seperti yang dilakukan generasi terdahulu.

Sebagai Ajakan untuk Menjaga Keutuhan Bangsa Indonesia

Menjaga keutuhan bangsa merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat. Di era sekarang, makna Sumpah Pemuda harus ditanamkan melalui pelajaran Sejarah di sekolah. Hal ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para generasi muda. Perkembangan teknologi saat ini cukup berpengaruh pada cara berpikir generasi muda. Teknologi seharusnya digunakan secara bijak agar generasi muda dapat lebih peduli dan paham akan kondisi negaranya.

Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab. Untuk itu, kita sebagai Bangsa Indonesia tidak boleh lupa dengan semangat yang diajarkan oleh para pemuda yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan menjadikannya panutan dalam kehidupan bernegara.

Categories: ARTIKEL

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *