“DARI ASY-SYIFA, MENYAPA INDONESIA DAN DUNIA”

Silaturrahmi Bapak Gubernur Kalimantan Timur Bpk. DR. Ir. H. Isran Noor, M.SI

Kobarkan semangatmu…. raihlah mimpimu
tuk menggapai Ridho Ilahi….
Saatnya tuk melangkah…
Dari Asy-syifa menyapa Indonesia dan Dunia…..

Itulah diantara bait senandung Asy-syifa buah karya alumni dalam mengekpresikan doadan  kerinduan mereka pada almamaternya.

Pada tahun 1994 silam, para pendiri/ Yayasan Asy-Syifa menjalin kerjasama dengan Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Balikpapan dalam rangka membangun lembaga pendidikandengan nama Pondok Modern Asy-Syifa yang sebelumnya bernama Pesantren Asy-syifa.

Perkembangan dari tahun ke tahun menunjukkan kemajuan, hal itu dapat dilihat dari tingginya minat para orang tua/wali dari kabupaten / kota se Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mempercayakan pendidikan anaknya disini, tercatat jumlah santri tahun ajaran 2019/2020 ini 987 santri, selain itu baik pemerintah maupun masyarakat selalu memberikan dukungan baik moril maupun material.Dan, Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan sudah mengarungi lika-liku perjalanan perjuangannya selama 25 tahun. Barakallah Insya Allah !

Tahun ini, Pondok Modern Asy-Syifa Balikpapan yang pimpinannya lulusanPondok Modern Gontor ini masuk pada masa seperempat abad, dimana umur dengan kepala dua adalah umur yang lagi muda-mudanya dan semangat-semangatnya. Yang pasti, Pondok Modern Asy-Syifa dengan segala kelebihan dan kekurangannya sudah mewarnai perjalanan dakwah Islam dan pendidikan Islami di tanah air, khususnya bumi etamKalimantan Timur.


Kalo diitung-itung, udah hampir 1000-an alumni yang telah menyelesaikan pendidikan Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) hingga mengikuti prosesi wisuda.Dengan segala kesederhanaannya, Pondok Modern Asy-Syifa mendidik santri menjadi insan-insan berakhlak syar’i, ber-otak mumpuni dan bertalenta, agar kelak mereka muncul sebagai da’i kapanpun dan dimanapun serta mandiri melanjutkan hidup.

Walaupun fasilitasnya jauh dari kesan mewah dan serba lengkap, tapi santri-santri pada bahagia aja hidup disana.Santri yang masuk dibanding fasilitas yang ada masih belum sebanding.sehinggaPondok Modern Asy-Syifa yang berlokasi di KM 4,5 Balikpapan ini sekarang jadi padat. Dengan keadaan seperti ini KH. Hasan Abdullah Sahal ( pimpinan Pondok Modern Gontor Ponorogo) pernah memberikan motivasi bahwa Pondok Pesantren yang dengan fasilitas seadanya tapi santrinya banyak jauh lebih baik daripada  Pondok Pesantren yang dengan fasilitas lengkap, bangunan megah  tapi santrinya sedikit bahkan tidak ada. Namun demikian  pihak Yayasan dan para pimpinan Ma’had terus membangun fasilitas di kampus 2 yakni di KM 15 Karang Joang Balikpapan yang sudah dihuni oleh  santri putra dan para ustadz.

Pondok Modern Asy-Syifayang para pimpinannya lulusan PMDG Ponorogo ini sudah memberikan yang terbaik semampu yang bisa mereka berikan, Bayangkan, selama 4 atau 6 tahun, santri diajarkan dan diharuskan shalat berjama’ah, Tilawah qur’an dan  ma’tsurat, shalat sunnah rawatib, tahajud dan dhuha, shaum sunnah serta ibadah lainnya. Menghafal Qur’an dan belajar formal, seabrek ekstra kurikuler setiap hari. Hampir tidak ada ruang bagi santri yang sungguh-sungguh mengejar ilmu untuk melakukan hal-hal tidak bermanfaat macem jalan-jalan ke mall, nonton ke bioskop atau keluyuran sama temen kemana-mana.

Tidak ada yang berubah dari Pondok Modern Asy-Syifa selama perjalanan 25 tahun kalau dilihat dari Visi, Misi, system pendidikan dan pengajaran yakni perpaduan kurikulum DIKNAS, KEMENAG danPondok Modern Gontor , dan ciri khas pondok modern asy-syifa Balikpapan ;

  1. Beraqidah ahlussunnah wal jamaah
  2. Berdiri di atas dan untuk semua golongan
  3. Menerapkan disiplin yang ketat
  4. Bahasa arab dan inggris sebagai bahasa pengantar dalam KBM dan bahasa resmi santri
  5. Menerapkan keseimbangan ;
  6. Ilmu dan amal
  7. Ilmu agama dan ilmu umum
  8. Intelektual, emotional, dan spritual quetient..

Pencapaian prestasi santri yang makin berkembang, seperti ;tingkat kelulusan ujian nasional, presentase sebaran alumni di berbagai universitasbaik regional maupun nasional. Sedangkan prestasi santri dalam berbagai even perlombaan sarat dengan perolehan penghargaan baik tingkat kota Balikpapan, Tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Selama 25 tahun, Pondok Modern Asy-Syifa selalu berusaha memperbaiki kekurangan atau kesalahan dan memulai tahun ajaran baru dengan semangat untuk lebih baik.Selama 25 tahun, Pondok Modern Asy-Syifa sudah mencetak ribuan santri (termasuk yang hanya 3 tahun) yang tersebar di berbagai daerah di Nusantara bahkan ada yang di luar negeri. Selama 25 tahun, Pondok Modern Asy-Syifa banyak mendapat kunjungantamu dari wakil Presiden Bapak Hamzah Has, Wakil Gubernur Kal-Tim Bapak Farid Wajedi, para anggota DPR RI, para pejabat pemerintah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten / Kota se Kalimantan Timur, Pimpinan Pondok Modern Gontor Ponorogo, Tamu kehormatan dari Jerman, Australia, Iran dan dari Jepang, masyarakat umum dan terutama sekali tamu setiap hari dari wali santri. Selama 25 tahun, Pondok Modern Asy-Syifa menciptakan kenangan yang luar biasa bagi para santri dan alumni-alumninya.Pondok Modern Asy-Syifa menjadi sebuah kerinduan bagi mereka yang sudah melanjutkan fase hidup masing-masing.

” Selama 25 tahun benih itu disemai, Berkecambah, Tumbuh disiram tetesan keringat dan otot yang lelah, kemudian ia seperti batang pohon buah, Rimbun dan tak pernah menahan buahnya jatuh atau melarang yang lainnya memetik dan menikmatinya”.

Selamat ulang tahun ke 25 Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *