Dokumentasi Tes Lisan Santri Baru

Pendaftaran Santri Baru Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan telah dibuka sejak tanggal 20 Juni 2021 kemarin. Kegiatan pertama yang diikuti oleh calon santri baru adalah tes lisan. Kegiatan ini merupakan tahap kedua setelah proses verifikasi data santri oleh beberapa petugas. Calon santri yang akan mengikuti tes lisan akan diarahkan ke ruang tes. Di dalam ruang tes tersebut telah menunggu beberapa penguji, baik Ustaz maupun Ustazah. 

Beberapa pertanyaan yang akan diajukan terkait dengan psikologis anak, seperti keadaan anak, kesehatan anak, pengalaman anak, dan sebagainya. Akan tetapi, tes yang paling diutamakan adalah terkait bacaan al-Quran. Selain itu, pertanyaan lainnya yang akan diajukan adalah hafalan calon santri, seperti hafalan surah-surah pendek maupun surah-surah panjang, hafalan doa-doa harian, maupun bacaan sholat. 

Pendaftaran santri baru cukup antusias diikuti oleh para calon santri. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang didata telah mencapai 200an calon santri baru. Padahal kuota yang disediakan oleh pondok hanya 300 santri untuk santri baru. Selain itu, kapasitas tempat atau fasilitas yang disediakan cukup terbatas. Semoga semua calon santri baru dapat diterima oleh Pondok Modern Asy-syifa Balikpapan. Amin.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *